Kamus Startup

Kategori: Wawasan

Apa itu Startup?

Startup adalah perusahaan tahap operasional baru. Startup biasanya didirikan oleh satu atau beberapa perusahaan dengan mengembangkan produk atau layanan yang diyakini akan diterima oleh pasar. Biasanya dalam memulai bisnis perusahaan Startup membutuhkan biaya yang tinggi dan mencari berbagai sumber modal  

Kata Kunci

  1. Startup adalah perusahaan dalam tahapan awal bisnis
  2. Sampai bisnis yang dijalani berkembang, biasanya untuk awal startup di biayai oleh pendirinya dan mencari investasi dari luar
  3. Sumber pembiayaan startup bisa terdiri dari kantong sendiri, keluarga, teman, patungan, pinjaman dan pemodal
  4. Dalam menjalankan bisnisnya tetap harus mempertimbangkan marketnya dan struktur hukumnya

Memahami Startups

Startup adalah perusahaan yang berfokus pada satu layanan dan belum memiliki perkembangan bisnis yang sempurna. sebagian besar awal berdirinya startup dibiayai oleh pendirinya

Banyak startup yang mencari lebih banyak modal ke keluarga, teman, dan pemodal ventura. Silicon Valley dikenal sebagai komunitas pemodal ventura yang luas dan populer namun dianggap pula sebagai tempat yang paling menuntut.Startup dapat menggunakan modal awal yang dimiliki untuk melakukan riset pasar dan mengembangkan rancangan bisnis yang telah dimiliki. Riset pasar berguna untuk menentukan target pasar sedangkan rancangan bisnis untuk menguraikan visi, misi, tujuan, manajemen dan pemasaran.

Dotcom merupakan startup umum pada tahun 1990-an. Permodalan dari ventura mudah didapat karena ramainya investor yang berspekulasi mengenai bisnis baru tersebut. Namun sayang sebagian startup internet ini bangkrut karena penyebab utamanya dari rencana bisnis mereka, seperti rencana bagaimana mendapat pendapatan yang berkelanjutan. Hanya sedikit yang masih bertahan seperti Amazon (AMZN) dan eBay (EBAY)

Periode awal sangat penting dalam startup karena banyak startup yang gagal di beberapa tahun pertamanya. Pengusaha butuh mencari uang, merancang dan membuat model bisnis, merekrut personil kunci, mengerjakan pekerjaan seperti saham ekuitas dan investor dan merencanakan program jangka panjang. Perusahaan sukses seperti Microsoft (MSFT), Apple (AAPL), dan Facebook (FB) dimulai dari perusahaan startup serta akhirnya menjadi perusahaan yang diperdagangkan secara publik.

Pertimbangan Khusus

Lokasi

Perusahaan startup harus menentukan apakah bisnisnya akan dilakukan secara online, di kantor atau di toko. Lokasi perusahaan akan tergantung dari produk atau layanan yang ditawarkan, sebagai contoh perusahaan startup yang menjual perangkat keras untuk virtual mungkin membutuhkan toko fisik agar dapat bertemu secara tatap muka dengan pelanggan untuk menjelaskan produk secara kompleks.

Struktur Hukum

Startup harus menentukan struktur hukum apa yang paling sesuai dengan entitasnya. Untuk seorang personel kunci dan seorang pendiri cocok dengan kepemilikan tunggal. Untuk bisnis yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki kepemilikan bersama maka struktur hukum yang cocok adalah kemitraan, struktur hukum kemitraan cukup mudah untuk dibangun. Startup dapat didaftarkan sebagai perseroan terbatas (PT)  untuk mengurangi tanggung jawab pribadi.

Pendanaan

Startup sering mengumpulkan dana dari keluarga, teman maupun permodalan ventura. Permodalan ventura adalah grup investor yang berspesialisasi dalam pendanaan startup. crowdfunding adalah salah satu cara untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis yang dijalankan. Pengusaha dalam membuat halaman crowdfunding online melalui laman website dan memungkinkan orang lain yang percaya terhadap perusahaan dapat ikut serta menyumbangkan uangnya.

Startup dapat menggunakan kredit untuk memulai menjalankan bisnisnya. Pemilihan kredit sebagai pendanaan atau permodalan merupakan yang paling beresiko jika startup tidak berhasil. Perusahaan lain memilih pinjaman usaha kecil untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya. Bank biasanya memiliki beberapa jenis pinjaman untuk bisnis kecil. Pinjaman kecil adalah produk jangka pendek dengan buang rendah yang disesuaikan untuk pemula, untuk syarat pengajuannya seringkali membutuhkan rencana bisnis yang terperinci.

Startup dapat menggunakan kredit untuk memulai operasinya. Sejarah kredit yang sempurna memungkinkan startup untuk menggunakan jalur kredit sebagai pendanaan. Opsi ini paling berisiko, terutama jika startup tidak berhasil. Perusahaan lain memilih pinjaman usaha kecil untuk membantu mendorong pertumbuhan. Bank biasanya memiliki beberapa opsi khusus yang tersedia untuk bisnis kecil. Pinjaman mikro adalah produk jangka pendek dengan bunga rendah yang disesuaikan untuk pemula. Rencana bisnis yang terperinci seringkali diperlukan untuk memenuhi syarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.